Senin, 23 Januari 2017

KISI KISI UAS SIM


1.      Sebutkan dan jelaskan 4 tahap dalam DSS !
Jawab :
a.      Tahap Intelligence
Dalam tahap ini pengambilan keputusan mempelajari kenyataan yang sering terjadi sehingga dapat mengidentifikasi dan mendefinisikan masalah yang sedang terjadi, biasanya dilakukan analisis berurutan dari system ke subsistem pembentukannya.
b.      Tahap Design
Dalam tahap ini pengambilan keputusan menemukan, mengembangkan dan menganalisa semua pemecahan yang mungkin yaitu melalui pembuatan model yang bisa mewakili kondisi nyata masalah.
c.       Tahap Choice
Dalam tahap ini pengambilan keputusan menjalankan rangkaian aksi pemecahan yang dipilih ditahap choice. Implementasi yang sukses ditandai dengan terjadwalnya masalah yang dihadapi, sementara kegagalan ditandai dengan tetap adanya masalah yang sedang dicoba untuk diatasi.
d.      Penerapan DSS dalam Instansi Pendidikan
Penggunaan sistem Analytical Hierarcy Process pada sebuah lembaga dapat digunakan dalam pembelian computer khususnya dalam hal pemelihan barang yang harus memenuhi 3 kriteria yaitu kualitas barang, harga barang dan ketepatan waktu pengiriman.
2.      Apa tujuan dari DSS ?
Jawab :
a.      Membantu menjawab masalah semi terstruktur.
b.      Membantu Manajer dalam mengambil keputusan, bukan menggantikannya.
c.       Manajer yang dibantu melingkupi top manajer sampai ke manajer lapangan.
d.      Focus pada keputusan yang efektif, bukan keputusan yang efisien.
3.      Apa kelebihan dan kekurangan dari SIM ?
Jawab :

Kelebihan dari SIM :
a.      Efisiensi operasional Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya (low-cost leadership).
b.      Memperkenalkan inovasi dalam bisnis Penggunaan ATM (automated teller machine) dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi. Dengan adanyaATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.
c.       Membangun sumber-sumber informasi strategis. Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis.
Kekurangan dari SIM :
Dapat memberikan dampak bagi lingkungan sosial seperti pengurangan tenaga kerja, sehingga dapat menambah angka pengangguran. Fungsi manusia sebagai tenaga kerja banyak tergantikan oleh teknologi-teknologi yang ada, karena dengan teknologi tersebut perusahaan merasa lebih di untungkan, sehin. Selain itu dengan adanya Sistem Informasi Manajemen tersebut membuat ketergantungan manusia terhadap Sistem Informasi Manajemen tersebut, sehingga mengesampingkan rasionalitas manusia itu sendiri.
4.      Sebutkan dan jelaskan komponen SIM !
Jawab :
a.      Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional
Komponen sistem informasi adalah seluruh komponen yang berhubungan dengan teknik pengumpulan data, pengolahan, pengiriman, penyimpanan, dan penyajian informasi yang dibutuhkan untuk manajemen, meliputi:
1)      Sistem Administrasi dan Operasional Sistem ini melaksanakan kegiatan-kegiatan rutin seperti bagian personalia, administrasi dan sebagainya dimana telah ditentukan prosedur-prosedurnya dan sistem ini harus diteliti terus menerus agar perubahan-perubahan dapat segera diketahui.
2)      Sistem Pelaporan Manajemen Sistem ini berfungsi untuk membuat dan menyampaikan laporan-laporan yang bersifat periodik kepada pengambil keputusan atau manajer.
3)      Sistem Database Berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dan informasi oleh beberapa unit organisasi, dimana database mempunyai kecenderungan berkembang sejalan dengan perkembangan organisasi, sehingga interaksi antar unit akan bertambah besar yang menyebabkan informasi yang dibutuhkan juga akan semakin bertambah.
4)      Sistem Pencarian Berfungsi memberikan data atau informasi yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan sesuai dengan permintaan dan dalam bentuk yang tidak terstruktur.
5)      Manajemen Data Berfungsi sebagai media penghubung antara komponen-komponen sistem informasi dengan database dan antara masing-masing komponen sistem informasi.
b.      Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fisik
Komponrn Sistem Informasi Manajemen secara fisik adalah keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan sistem informasi manajemen. Komponen-komponen tersebut meliputi:
·         Perangkat keras:
a)      Komputer (CPU, Memory)
b)      Pesawat Telepon
c)      Peralatan penyimpan data (Decoder)
·         Perangkat lunak
a)      Perangkat lunak yang umum untuk pengoperasian dan manajemen data
b)      Program aplikasi
·         DataBase
a)      File-file tempat penyimpanan data dan informasi
b)      Media penyimpanan seperti pita komputer, paket piringan.
·         Prosedur pengoperasian
a)      Instruksi untuk pemakai, cara yang diperlukan bagi pemakai untuk mendapatkan informasi yang akan digunakan
b)      Instruksi penyiapan data sebagai input
c)      Instruksi operasional
·         Personalia pengoperasian
a)      Operator
b)      Programmer
c)      Analisa sistem
d)      Personalia penyiapan data
e)      Koordinator operasional SIM dan pengembangannya.
5.      Sebutkan komponen teknologi secara garis besar !
Jawab :
a.      Hardware atau perangkat keras.
b.      Software atau perangkat lunak.
c.       Basis data yang merupakan suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan pencarian informasi.
d.      Prosedur yang merupakan suatu kumpulan aturan yang digunakan untuk mewujudkan suatu.
e.      Brainware yang merupakan otak dari kita sendiri.
6.      Sebut dan jelaskan karakteristik SIM !
Jawab :
a.      Beroperasi pada tugas-tugas yang terstruktur, dimana prosedur, pengambilan keputusan, arus informasi, format laporan dsb, sudah terdefinisi.
b.      Bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya.
c.       Menyediakan laporan untuk keperluan pengambilan keputusan.
d.      Mempermudah akses informasi untuk keperluan manajemen.
7.      Jelaskan sistem deterministic dan probabilistic !
Jawab :
Sistem deterministic (deterministic system) adalah suatu sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat, misalnya sistem computer. Sedangkan sistem probabilistic (probabilistic system) adalah sistem yang tak dapat diramal dengan pasti karena mengandung unsure probabilitas, misalnya sistem arisan dan sistem sediaan, kebutuhan rata-rata dan waktu untuk memulihkan jumlah sediaan dapat ditentukan tetapi nilai yang tepat sesaat tidak dapat ditentukan dengan pasti.
8.      Jelaskan sistem tertutup dan sistem terbuka !
Jawab :
OPEN SYSTEM (Sistem Terbuka). Sistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem yang berinteraksi dengan lingkungannya dimana sistem ini menerima masukan dari lingkungannya dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau sistem lainnya. Contoh : keorganisasian memiliki kemampuan adaptasi. (Bisnis dalam menghadapi persaingan dari pasar yang berubah. Perusahaan yang tidak dapat menyesuaikan diri akan tersingkir).
CLOSE SYSTEM (Sistem Tertutup). Sistem tertutup adalah sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungan, dengan kata lain sistem ini tidak berinteraksi dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan. Contoh : Reaksi kimia dalam tabung berisolasi dan tertutup.
9.      Sebutkan SIM yang mengandung elemen-elemen fisik !
Jawab :
a.      Perangkat keras komputer
b.      Perangkat lunak (perangkat lunak sistem umum, perangkat lunak terapan umum, program aplikasi)
c.       Database (data yang tersimpan dalam media penyimpanan komputer)
d.      Prosedur dan Petugas pengoperasian
10.  Sebutkan aplikasi SIM yang anda ketahui dan kegunaannya untuk apa ?
Jawab :
1.      Transaction Processing Systems (TPS). TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh Sistem Informasi Manajemen.
2.      Office Automation Systems (OAS). Office automation system (OAS) terkadang disebut juga dengan Virtual Office (VO), konsep OAS menggabungkan penggunaan berbagai peralatan IT (Information Technology mencakup hardware dan software) dalam berkomunikasi baik dengan satu orang/unit maupun banyak orang/unit untuk mengurangi penggunaan kertas (paperless) dengan tujuan terjadinya peningkatan kecepatan, ketepatan, keamanan kerja di kantor dan meningkatkan produktivitas kerja.
3.      Knowledge Work System. Knowledge work systems (KWS) adalah sistem informasi yang membuat dan mengintegrasikan pengetahuan baru ke organisasi. Knowledge Work System mendukung para pekerja professional seperti ilmuwan, insinyur, dan doktor dengan membantu mereka menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka mengkontribusikannya ke organisasi atau masyarakat.
4.      SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LELANG/ TENDER E-Procurement ( E-PROC). Salah satu penerapan kemajuan teknologi telematika dalam mendukung proses bisnis adalah dalam proses pengadaanbarang/ jasa, sehingga proses tersebut akan lebih transparan, efektif dan efisien
5.      DSS hampir sama dengan SIM karena menggunakan basis data sebagai sumber data. DSS bermula dari SIM karena menekankan pada fungsi mendukung pembuat keputusan diseluruh tahap-tahapnya, meskipun keputusan aktual tetap wewenang eksklusif pembuat keputusan.
11.  Tuliskan alamat blog anda di matakuliah sim!
Jawab :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar